All-Head-Content ( ) Selosari, Cibaduyutnya Magetan ~ : Menuju Magetan Kumandang Melalui Blog :

Sabtu, 23 Juni 2012

Selosari, Cibaduyutnya Magetan


Sentra Kerajinan Kulit Magetan

Sahabat blogger, sudah tahukan salah satu kerajinan yang terkenal di Magetan? Kabupaten Magetan juga terkenal dengan sentra kerajinan kulit. Produk yang dihasilkan pun beragam lho sobat. Antara lain: sandal, sepatu, jaket dll. Harga yang ditawarkan murah dan kwalitasnya juga baik.
sepatu pria
sepatu wanita
Besarnya potensi kerajian kulit Magetan juga dapat dilihat dari mata pelajaran perkulitan yang diajarkan di jenjang sekolah menengah. Di pelajaran perkulitan ini, diajarkan memilih kwalitas kulit terbaik, mengolah kulit dengan benar dan memproduksinya dengan berbagai macam bentuk seperti dompet ataupun tas. Ini ditujukan agar siswa siswi Magetan dapat mengenal dan pengembangkan kerajinan kulit ini.
Hehe, kembali lagi ke produksi kerajinan kulit Magetan, sobat. Untuk mendapatkan produk kerajinan ini, kita dapat mengunjungi kelurahan Selosari, Magetan. Disana kita dapat menjumpai berbagai toko yang menjual kerajinan khas Magetan ini. Salah satuya terdapat di Jalan Sawo no. 33, Selosari, Magetan.
Untuk masalah model, salah satu produksi nya yaitu sepatu kulit, mempunyai ciri khas tersendiri yaitu motifnya santai dan sedikit terbuka, modelnyapun tipis dan tentunya berkesan. Dan salah satu ciri yang lain yaitu memiliki alas dari bahan karet yang bening agar awet dalam penggunaannya meski untuk melangkah di daerah becak atau tergenang air.
Harga yang dibandrolpun beragam. Murah jika dibandingakan dengan produksi daerah lain. Untuk sepatu berkisar antara Rp 90 ribu – Rp 140 ribu, sandal Rp 60 ribu – Rp 90 ribu, jaket Rp 700 ribu – Rp 800 ribu, dompet Rp 20 ribu – Rp 100 ribu. Dengan harga yang sedemikian, sobat, tentunya kita sudah mendapatkan kwalitas yang tidak kalah bersaing dengan produk dari luar daerah.
Omset kerajinan ini akan meningkat di saat hari libur. Ini dikarenakan banyak wisatawan dari Telaga Sarangan yang tak meninggalkan kesempatan untuk berkunjung dan membeli kerajinan kulit khas Magetan ini. Permintaan dari luar daerah juga sudah dilayani. Seperti Jogja, Jakarta, Surabaya, Bojonegoro dan Pacitan. Sehingga disana kita juga dapat menjumpai kerajina kulit dari Magetan. Tak hanya pasar lokal. Kerajinan kulit Magetan juga sudah menjamah pasar Mancanegara. Ini dapat membuktikan bahwa kerajinan kulit Magetan sudah menguasai sejumlah pasar diluar Magetan.

2 komentar:

  1. Sepatu Kulit Magetan memang terkenal dengan kualitasnya gan, disamping harganya yg terjangkau, juga karena kualitasnya yg sangat baik, awet dan tahan lama. Buat yg berminat dg Sepatu Kulit Asli Magetan namun tidak sempat brkunjung ke Kabupaten Magetan, Sekarang sudah hadir Toko Online nya gan, monggo berkunjung www.sepatukulitmagetan.net

    BalasHapus