All-Head-Content ( ) Pesona Telaga Sarangan ~ : Menuju Magetan Kumandang Melalui Blog :

Sabtu, 23 Juni 2012

Pesona Telaga Sarangan


Panorama Telaga Sarangan
Sarangan indah sekali, Sarangan indah sekali, Kenangan si jantung hati, Kita bertemu pertama kali. Kanan kiri banyak villanya, Kanan kiri banyak villanya, Jantung hati yang aku cinta, Hidup semati tuk selamanya. Sahabat tau penggalan lirik lagu diatas? Kalau belum tau, lirik lagu diatas merupakan penggalan lirik lagu Sarangan Dalam Kenangan yang dibawakan oleh Cak Diqin feat Wiwid W..
Begitulah sedikit gambaran tentang Telaga Sarangan dalam sebuah lagu. Obyek wisata ini berada di desa Sarangan kecamatan Plaosan sekitar 9 km dari kota Magetan dan berada di ketinggian 1287 meter dpl. Dengan ketinggian tersebut, tak heran jika suhu rata-rata di sekitar telaga ini antara 18 sampai 25 derajat selsius. Ditengah telaga ini juga terdapat pulau kecil yang menambah keindahan.
Tersedia perahu motor untuk mengelilingi telaga
Obyek wisata yang satu ini sobat, merupakan tempat wisata kabupaten Magetan yang paling terkenal. Pada tanggal 17-20 Mei ini saja, pengunjung menembus angka lebih dari 15 ribu. Ini dikarenakan, dimulainya liburan sekolah. Dan diperkirakan akan terus meningkat. Terutama jika sudah akhir pekan tiba. Tahun  baru merupakan puncak pengunjung dalam rentang waktu satu tahun. Dari seluruh penjuru daerah, berbondong bondong menuju Telaga Sarangan ini hanya untuk menyasikan pesta kembang api pergantian tahun. Ada apa saja di tempat wisata ini, sehingga banyak menarik pengunjung yang banyak? Kelebihan utamanya adalah sejuknya udara di sekitar telaga ini. Tentu saja bisa melepas penat selama satu minggu, dengan segala macam aktivitas yang kita jalani.
Pengunjung dapat menyewa kuda untuk mengitari telaga







Untuk menikmati panorama telaga ini, kita dapat menyewa kuda untuk mengelilingi tepi telaga dan perahu motor untuk mengelilingi bagian tengah telaga. Kuliner yang paling terkenal dari obyek wisata ini adalah sate kelinci. Dengan Rp 6000,- kita sudah dapat menikmati satu porsi sate kelinci. Souvenir-souvenir khas juga tersedia ditempat ini. Terutama berpusat di sebalah utara dan timur telaga. Untuk penginapan jangan khawatir. Ada 2 hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata disekitaran telaga.
Pemandangan sangat berbeda jika kita mengunjungi telaga sarangan disaat kemarau tiba. Volume air ditelaga ini akan menurun dan kita dapat melihat hamparan rumput hijau disekeliling dalam telaga. Disaat kemarau, suhu disekitar Telaga Sarangan ini tentu akan menurun dibanding biasanya.
Diharapkan tahun tahun mendatang pengunjung Telaga Sarangan ini akan terus meningkat disusulnya penyelesaian Jalan tembus Cemoro Sewu. Nantinya Pengunjung dari wilayah Jawa Tengah dapat dengan mudah menuju Telaga Sarangan.

1 komentar:

  1. saya sangat membutuhkan informasi industri rumahan magetan terutama Industri Pabrik sepatu kulit, krupuk dan Sarangan untuk saya bantu pasarkan ditingkat international kususnya africa, bisa dibantu dengan gambar yg bagus, supaya menarik wisata asing dan domestik dan kita bisa bekerja sama dalam publikasi tersebut supaya masyarakat sekitar pendapatannya meningkat. terima kasih

    BalasHapus