All-Head-Content ( ) BETASUKA Jeruk Pamelo ~ : Menuju Magetan Kumandang Melalui Blog :

Jumat, 22 Juni 2012

BETASUKA Jeruk Pamelo


Jeruk Pamelo di tangkai
 Hai sobat, ketemu lagi dengan saya masih bersama Magetan Punya Kita. Sobat blogger dalam potingan ini saya akan membahas komoditi unggulan kabupaten Magetan bidang agro/pertanian. Apa yang akan kita perkenalkan dalam kesempatan ini? “Jeruk Pamelo” si buah berkulit bundar hilau ini perlu sobat tau, merupakan produk pertanian unggulan lho dari kabupaten Magetan. Mau tau? Kenapa?
Buah jeruk yang bernama latin Citrus maxima ini dikatakan unggulan di kabupaten Magetan karena produksinya yang cukup besar setiap tahunnya. Empat kecamatan di kabupaten Magetan (ada lagunya juga sobat  -> Download Mp3 BETASUKA) yaitu kecamatan Bendo, kecamatan Takeran, kecamatan Sukomoro dan kecamatan Kawedanan menjadi lahan tumbuhnya tanaman yang dapat menurunkan kolesterol ini. Tapi tidak semua tanah di empat kecamatan ini jeruk pamelo dapat tumbuh subur. Hanya desa tertentu saja yang bisa ditanami.
Jeruk pamelo dari kabupaten Magetan tidak hanya dijual dalam bentuk buah saja. Dari kulit buah ini pun dapat dijadikan rupiah. Lalu dibuat apa? Dari kulit jeruk pamelo ini. Dapat pula di jual dalam bentuk manisan kulit jeruk. Bentuk kulitnya yang tebal ini lah yang menjadikan kulit jeruk ini dapat dijadikan manisan. Tentunya yang dijadikan manisan bukan seluruh bagian kulitnya sobat. Kulit luar dari buah ini tidak dapat dijadikan manisan karena banyak mengandung kelenjar minyak. Hanya bagian kulit dalam lah yang dapat dijadikan manisan. Salah satu produsen manisan jeruk ini ada di desa Duwet kecamatan Bendo.
Stuktur dalam Buah
Khasiat jeruk pamelo antara lain: Likopen yang dapat bermanfaat sebagai pencegah kanker, vitamin C dan pektin untuk menyehatkan prostat, menurunkan trigliserida yang dapat mengurangi kolesterol, pencegah anemia, menyembuhkan luka lambung, melancarkan pencernaan, menyehatkan gusi dan masih banyak lagi. `
3 Mei 2012 lalu, jeruk pamelo ini pernah diadakan kontes di desa Bulu, kecamatan Sukomoro, Magetan. Dan diliput juga oleh stasiun TVRI nasional. Dalam kontes ini melombakan 2 kategori yaitu varietas sudah dilepas dan varietas belum dilepas. Kita berharap komoditi pertanian unggulan Magetan ini, dapat lebih meju dan berkwalitas dalam produktinya. Agar produksi unggulan Magetan di bidang agro dapat terus bekembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar